jump to navigation

DEPDIKNAS-Kerajaan Belanda Lanjutkan Kerjasama Bidang Pendidikan September 23, 2008

Posted by pakjappy in Kejar Beasiswa Luar Negeri.
trackback

Jakarta, 18/9 (ANTARA) – Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) melanjutkan naskah kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Kedubes Kerajaan Belanda sebagai upaya peningkatan kerjasama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Fasli Jalal, kerjasama ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan-kesepakatan yang sudah ada di bidang pendidikan dan bertujuan meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

“Kegiatan ini juga untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia melalui pertukaran pengetahuan, pengalaman dan sarana antara Indonesia dan Belanda,” katanya saat penandatanganan MoU di Gedung Depdiknas Jakarta, Kamis.

Menurut Fasli, terdapat perubahan “implementing agency” dari Netherland Education Centre (NEC) menjadi Netherland Education Support Office (NESO) Indonesia.

“Salah satu instrumen utama untuk peningkatan SDM di Indonesia adalah Program Beasiswa StuNed yang dikelola NESO,” tuturnya.

Selama kerjasama berlangsung, kata dia, Pemerintah Kerajaan Belanda yang dikoordinasikan oleh NESO-Indonesia akan memberikan beasiswa sebanyak 200 mahasiswa Indonesia untuk program post doctorate di perguruan tinggi Belanda atau dengan hibah sebesar 5,5juta euro atau sekitar Rp74 Miliar.

“Pihak Kedubes Belanda di Jakarta bersama NESO telah memfasilitasi wadah atau kegiatan berupa steering committee (SC), annual meeting dan joint selection sebagai peningkatan peran dan kontribusi Ditjen Dikti yang lebih luas,” ujar Fasli.

Dubes Kerajaan Belanda untuk Indonesia Dr Nikolaos van Dam mengaku senang karena di tahun-tahun terakhir ini telah terjadi peningkatan jumlah program ganda (double degree) antara institusi Indonesia dan Belanda.

“Ini merupakan kemajuan yang positif dan contoh yang sangat bagus dari kerjasama yang saling menguntungkan,” tuturnya. Van Dam berharap bentuk kerjasama ini akan dapat meningkatkan jumlah pertukaran dua arah staf dan mahasiswa.

Ia berharap lebih banyak mahasiswa Belanda yang akan datang ke Indonesia sebagai bagian dari studi mereka. “Pengalaman internasional sangat penting untuk masing-masing individu, organisasi dan untuk negara. Juga krusial bagi SDM yang dibutuhkan setiap negara dalam negara dalam dunia kini yang terimbas globalisasi,” katanya.

Sumber: Antara Online

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: